Review Info Game Final Fantasy XIII: Petualangan Perjalanan RPG




Review Info Game Final Fantasy XIII: Petualangan Perjalanan RPG Final Fantasy XIII (ファイナルファンタジーXIII Fainaru Fantajī Sātīn?), siapa yang tidak game yang fenomenal dari jaman-jaman game rpg retro dulu. Final Fantasy XIII merupakan judul sebuah permainan dalam seri permainan video Final Fantasy, dan merupakan yang pertama dalam seri ini yang dirilis untuk PlayStation 3 (Jadi jangan heran dengan perbedaan grafiknya dengan seri-seri sebelumnya dan jangan merasah gimana gitu...). Permainan ini menampilkan sebuah dunia yang futuristik berteknologi tinggi, dan seorang heroine yang menggunakan senjata sejenis gunblade (jadi pedang bisa, jadi gun bisa juga). Produksi Permainan ini dipimpin oleh Motomu Toriyama. Menurut Presiden Square Enix Yoichi Wada, jalan cerita akan berfokus pada "mereka yang menentang dunia (teroris??)".
Title: Final Fantasy XIII (ファイナルファンタジーXIII Fainaru Fantajī Sātīn?)
Developer: Square Enix
Publisher: Square Enix
Director: Motomu Toriyama
Producer: Yoshinori Kitase
Programmer: Yoshiki Kashitani
Artist: Isamu Kamikokuryo
Writer: Daisuke Watanabe
Composer: Masashi Hamauzu
Series: Fabula Nova Crystallis, Final Fantasy
Engine: Crystal Tools
Platform: PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
Release Date: PlayStation 3 JP December 17, 2009 INT December 16, 2010 WW March 9, 2010,
Xbox 360 INT December 16, 2010 WW March 9, 2010,
Microsoft Windows WW October 9, 2014
Final Fantasy XIII dirilis pada 17 Desember 2009 untuk Jepang dan 9 Maret 2010 untuk Amerika dan Eropa.
Genre: Role-playing
Mode: Single-player
Distribution:  Blu-ray Disc (PS3), 3 DVD-ROM DL (X360), Download (PC)


Staf
Pimpinan: Motomu Toriyama
Desain Karakter: Tetsuya Nomura
Penata Artistik: Isamu Kamikokuryo
Programmer Utama: Kazumi Kobayashi
Sutradara Film: Eiji Fujii
Musik Utama: Masashi Hamauzu
Komposer: Masashi Hamauzu
Produser: Yoshinori Kitase
Desain Logo: Yoshitaka Amano
Desain Senjata dan Peralatan: Tetsu Tsukamoto

Review Info Game Final Fantasy XIII: Petualangan Perjalanan RPG Final Fantasy XIII akan dijalankan pada "Crystal Tools", sebuah engine multiplatform paten yang dikembangkan untuk permainan-permainan video generasi berikutnya milik Square Enix (Wow jadi kamu termasuk orang yang beruntung bila bisa memainkan game ini). Permainan ini pada awalnya direncanakan untuk PlayStation 2 (Marilah kita turut mendoakan akan hal ini terjadi) tapi kemudian dipindahkan ke PlayStation 3 dan Xbox 360 setelah tim pengembang menemukan "kekuatan" pada platform tersebut. Game RPG dalam bentuk epic!

Yah, mungkin karena nama Final Fantasy sudah mainstream dan sudah dikenal dengan game bagus yah jadi semua orang pasti berharap seri selanjutnya bagus juga dan apabila seri selanjutnya kurang bagus di mata gamer yaa.. gak tahu deh...

B. Gameplay
Pemain langsung dapat mengontrol karakter melalui perspektif orang ketiga di layar untuk berinteraksi dengan NPC, benda, dan bertemu musuh di sepanjang pertandingan. Pemain juga bisa mengubah kamera di sekitar karakter, yang memungkinkan untuk berputar hingga 360 ° ke pandangan sekitar dalam Dunia Final Fantasy XIII diberikan skala relatif terhadap karakter di dalamnya bukan karikatur dari karakter berkeliaran di miniatur medan pertarungan, seperti yang ditemukan di awal game Final Fantasy, setiap daerah diwakili secara proporsional. Jadi pemain dapat melihat keindahan grafik game yang menurut saya luar biasa dalam hal detail maupun efek animationya seperti efek awan, sungai, hujan, kabut, dsb, pokoknya keren!. Pemain menavigasi dunia dengan berjalan kaki atau dengan chocobo (sejenis kendaraan yang mirip dengan punya Snow, atau sepeda motor masa depan). Pemain dapat menyimpan data permainan mereka ke hard disk drive menggunakan menyimpan stasiun save (pos save di tempat-tempat tertentu dengan kata lain tempat save biasanya ada bila ada lawan yang tangguh atau ada cut-scenes yang akan muncul selanjutnya), di mana pemain juga dapat membeli barang-barang dari jaringan ritel atau meng-upgrade senjata mereka. Dalam game datalog (jadi tidak usah khawatir ketinggalan berita atau jalan cerita dari game ini, bisa di cek kembali di Datalog kok) menyediakan informasi bestiary dan insidental tentang dunia Final Fantasy XIII. The Final Fantasy XIII versi Ultimate Hits internasional dari permainan, dirilis di Jepang, juga memiliki dua mode tingkat kesulitan yaitu Easy dan Normal.

Dari segi Gameplay sih simple cuma Ada Mapnya dan pastinya karakternya, meskipun kita hanya bisa memutar cameranya 360 derajat tanpa bisa memutarnya dari atas atapun dari bawah, dan tentu saja tidak bisa di Zoom? Why?!!
  • Screenshots:
 Kamera dapat diputar 360 derajat, zoom? gak bisa, ambil teropong aja lalu zoom sendiri, emang apanya yang mau di zoom? -_-


 Hmm... terkadang partner party kamu akan memunculkan bacotnya, dan saya hampir pernah membacanya -_-


 Nge-pose dulu si Lightning itu pose kalau musuh sudah terdeteksi siap battle dianya...


 Maju gak yah? lawan gak yah? lawanlah bisa dapat point buat upgrade Crystarium dan item!! IT IS RPG BROOOOO!!! bukan game FPS ataupun real-strategy intinya lawanlah musuh banyak-banyak, senjata, items, updgrade equipment, duit, dan EXP (tapi disini exp tidak terlalu dikedepankan it is RPG? hah?)

 Nah, itu adalah box itemnya atau harta harun item, di dalalamnya bisa ada senjata, aksesoris, dan item lainnya seperti Potions, dsb.


 Disini lagi ngendap-ngendap, si Hope ninggalin gw di depan sana... terkadang partner party kamu akan meninggalkan kamu duluan (lari duluan) tapi pas battle dia muncul kok biarpun itu jauh sekali yang penting dia masih berada di list party kamu.


  Ada musuh tuh, ayo kita lawan!! saya sarankan menyerang musuh jangan asal maju asal-asalan sebaiknya mengendap-ngendap dibelakangnya serangan tiba-tiba gitu loh, kenapa? nanti bisa dapat bonus attack...

Grafiknya keren gan? namanya juga game PS 3 meskipun pastinya ada perbedaan kualitas grafik dengan ver.PS-nya da PC-nya, bagusan mana?

 Lihat mapnya ada bulatan kuning itu adalah point/tiitk dimana pada tiitk itu akan muncul cut-scenes or something little amazing, happy watching...

 Nah muncul si Hope, si Lightining dilihat dari bawah cantik yah? coban bisa kebawah lagi dan bisa di zoom? -_-

 Apaan tuh? ane juga gak tahu apa namanya yang pasti gunanya untuk sebagai transportasi mengantarkan ke seberang dengan switch atau tombol khusus (like RPG, yes it is RPG!) tapi ingat, karena game ini adalah game RPG jadi telusuri dulu tempat lain karena mungkin ada item berharga meskipun ada musuh berharga pula -_-

 Battlle team changed maksunya party kamu berganti dan karakter yang kamu akan mainkan akan berganti pula. Kalau ane sih lebih memilih teman partynya tidak usah diganti, Lighting aja atau tetap sama terus tapi setiap karakter dapat dimainkan manual pada battlenya, tapi ada baiknya juga sih, kita dapat memainkan setiap karakater dalam party list.

What am I doing? -_- Only creator knows... kadang kamu berjalan melewati balok es kadang juga lempengan baja, dan asal kamu tahu saja es pada gambar diatas merupakan hasil dari kekuatan si Snow alias ulah kamu!

Wow, cantik dan seksi bro! tapi ada penampakan di belakang -_- he's afro gunner!!

1. Battle System
Motomu Toriyama mengomentari sistem pertarungan dalam Final Fantasy XIII: "Final Fantasy XIII memberi tantangan untuk melihat seberapa banyak pertarungan di Final Fantasy VII: Advent Children bisa dibuat ulang dalam sebuah game. Dalam game ini kamu akan menjumpai begitu banyak pertarungan dan cut-scenes. Pertarungan-pertarungan yang mustahil untuk diperlihatkan dalam permainan video Final Fantasy saat ini telah diperlihatkan oleh Final Fantasy VII: Advent Children. Sebaliknya, Final Fantasy XIII akan menunjukkan seberapa banyak pertarungan mustahil tersebut bisa diperlihatkan dalam game ini.
Battle System yang digunakan dalam seri Final Fantasy 13 ini intinya tidak jauh beda dengan battle system game Role Playing Gae (RPG) basednya sih sama aja namanya juga RPG. 

Seperti dalam Final Fantasy XII, musuh diintegrasikan ke lapangan terbuka dan dapat didekati atau dihindari oleh pemain (jadi terserah kamu mau melawan/bertarung dengan musuh atau tidak kecuali itu Enemy Boss atau tidak ada jalan lain dan atau ada item berharga yang tidak bisa kamu hiraukan), kamu tidak dapat mengerakkan karakter kamu maupun teman party kamu intinya berdasar pada gerakan dari skill ataupun serangan yang kamu lakukan atau bisa dibilang acak dan karakter akan bergerak acak pula, kamu tidak bisa menghindar hanya bisa mem-block serangan lawan dan itu bergantung pada equipment kamu. Ketika karakter pemain menyentuh musuh, transisi layar dari peta biasa ke layar pertempuran terpisah mirip dengan yang digunakan dalam sebelumnya judul Final Fantasy. Maksimal tiga karakter (party) dapat digunakan dalam pertempuran, yang menggunakan varian pada tradisional Active Time Battle (ATB) sistem seri 'pertama kali ditampilkan di final Fantasy IV. Di bawah sistem ini, pemain memilih aksi dari menu, seperti Serang, Magic/Skills, dan Item. Tidak seperti permainan sebelumnya dalam seri, pemain hanya mengendalikan tokoh utama sedangkan sisanya dua karakter yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan permainan (AI). Setiap tindakan memerlukan sejumlah tertentu slot pada ATB bar, yang terus-menerus isi ulang dengan jumlah maksimum set slot. ATB bar secara bertahap meningkat dalam ukuran di seluruh permainan dari dua slot hingga enam semakin jauh dan semakin lama akan semakin bertambah barnya dan Lightning karakter yang paling banyak dan paling cepat ATB-nya berkembang, toh dia heroine utamanya. Pemain dapat memilih kurang dari jumlah maksimum tindakan yang mungkin atau mungkin menghentikan pengisian bar ATB dan melakukan banyak tindakan yang dapat dilakukan dengan jumlah ATB saat ini. Pemain dapat memilih perintah autobattle (skills dan serangan yang diberikan kepada musuh auto atau acak tergantung situasi yang kamu hadapi dan musuh yang kamu hadapi jadi sebaiknya gunakan auto battle saja, kecuali saat melawan Boss ThisForShowTheParty!!, yang mengisi slot ATB dengan tindakan yang dipilih secara otomatis. Tindakan tidak dapat dilakukan di luar pertempuran, dan kehendak karakter 'sepenuhnya pulih setelah setiap pertempuran. Oleh karena itu kita harus siap dan sedia dan harus siaga memikirkan dan bertindak skills atau serangan apa yang akan kita berikan kepada lawan karena setiap detik cooldown ATB-nya sangat berharga misalkan saat melawan musuh yang memiliki Defense dan HP yang besar seperti Boss Mosnter.

Battle system game ini sebenarnya bukan hal baru tapi mungkin di mata orang -orang tertentu iya dan termasuk saya. Battle systemnya basednya sih RPG banget dan karena ini karakternya tidak bergerak sesuai keinginan kita maka dari itu kita harus memerhatikan timing ritme serangan apakah tepatkah atau tidaknya dengan teman party kita untuk mengejar Premtive Strike yang menjadi salah satu hal yang sangat menguntungkan bagi Player dan sekaligus membuat si creatornya terlalu berpiihak pada musuh. Seperti RPG pada umunya kita tidak terlalu mengandalkan strategi tapi lebih kepada keunggulan Equipment dan items kita, sedangkan strategi dalam game RPG tidak berpengaruh sebesar hal itu tadi. 

Premptive Strike!
Salah satu cara tercepat agar musuh mendapatkan Premptive Strike ialah dengan menyerang tiba-tiba musuh dan otomatis karakter kamu akan menyerang duluan dan musuh akan mendapatkan Premptive Strike dan cara lainnya ialah dengan meggunakan items atau memberikannya skills yang dikhusukan unttuk itu. Setiap musuh memiliki meter, yang disebut rantai counter, yang terdiri dari persentase awal pada 100 yang meningkat saat musuh dipukul oleh serangan atau mantra. Serangan oleh peran yang berbeda memiliki efek yang berbeda; beberapa meningkatkan rantai dengan jumlah yang lebih besar sementara yang lain memberikan pemain lama sebelum ulang rantai counter. Jumlah kerusakan yang dilakukan oleh serangan dikalikan dengan persentase rantai sebelum diterapkan pada musuh. Ketika rantai counter mencapai jumlah yang telah ditetapkan, yang berbeda untuk setiap musuh, musuh ditempatkan dalam mode stagger jadi pada saat inilah kamu harus memberikan demage terkuat dan terbanyak kamu sekuat tenaga seranglah sebelum berakhir karena dalam beberapa musuh yang memiliki defense dan HP yang banyak sangat berguna sekali!. Dalam mode ini, musuh telah menurunkan pertahanan dan dapat diluncurkan ke udara. 

Jika kita memokuskan lawan akan memasuki Premptive Strike, maka otomatis lawan lain kita abaikan dan kita memfokuskan serangan kita pada satu lawan akan tetapi hal ini baik diterapkan apabila melawan Boss Monster atau lawan yang kuat, hal ini tidak terlalu menguntungkan bila melawan lawan yang tidak terlalu kuat cukup dengan menyerang setiap party satu musuh maka sudah cukup dan itu juga berlaku bila setiap party memiliki power yang lumayan untuk melawan tiap lawannya soalnya game ini battle systemnnya ATB kita tidak boleh membuang-buang waktu melawan musuh yang lemah dengan seluruh kekuatan party kita. (penjelasan ada diatas).
  • Screenshots:
Ada Boss Dungeon eh Boss Monster, Game ini ada Dungeonnya gak yah? sejauh yang saya mainkan belum ada, masak game RPG gak ada Dungeonnya? -_- mungkin ada di depan sana...

Paradigm Shift
Sistem Paradigma memungkinkan pemain untuk program enam peran yang berbeda yang karakter kemudian dapat berasumsi untuk melakukan formasi tertentu dalam pertempuran dalam menanggapi kondisi tertentu. Peran terdiri dari Commando, peran prajurit-tipe; Ravager, peran hitam penyihir-jenis yang menggunakan kerusakan- magic; Medic, peran White Mage-jenis yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan penyakit status negatif; Saboteur, yang menggunakan sihir untuk melemahkan musuh dengan menimbulkan status negatif; Sinergis, yang menggunakan sihir untuk memperkuat sekutu dengan memberikan status yang positif; dan Sentinel, yang memiliki kemampuan pelindung dan defensif mirip dengan Paladin. Setiap karakter awalnya dapat mengambil hanya tiga peran, tapi pemain memiliki akses ke semua dari mereka kemudian dalam permainan (meskipun tiga peran lain terbatas dalam kemampuan mereka untuk para pemain yang memilih mereka). Pemain dapat memilih peran karakter dikendalikan dan karakter AI menggunakan baik di luar maupun selama pertempuran, yang merupakan satu-satunya cara bahwa pemain dapat mengontrol karakter AI selama pertempuran. Pemain hanya dapat memilih dari set tertentu paradigma bahwa pemain telah menyiapkan terlebih dahulu di luar pertempuran. Bisa dibilang fitur paradigma ini salah satu ajang buat kamu mengeluarkan strategi-strategi kamu untuk mempersiapkan battle nanti, kalay saya sendiri menggunakan setting paradigma yang akurat dan tepat bila musuh yang saya hadapai adalah Boss Monster kalau musuh biasa saya lebih mengutamakan membunuhnya secepat mungkin untuk mendapatkan point untuk upgrade lebih banyak lagi!
Comando ialah jenis serangan yang menyerang dengan senjata fisik dan tidak menggunakan serangan magic atau sejenisnya, Ravager memberikan serangan magic pada lawan yang bervariasi (banyak tipe), Synergist support lawan dengan memberikan skills pendukung seperti peningkat STR, DEF, Cooldown, dsb
Medic hanya memberikan skills jenis menyembuhkan/heal pada teman party...

Dengan fitur ini tentunya kamu harus betul-betul mengetahui yang mana dari party kamu yang memiliki skill medic yang kuat, ataupun serangan yang kuat sehingga kamu bisa menempatkannya dalam posiss menyerang. Dalam meyusun Paradigms kamu dituntut teliti menyusunnya misalkan Siapa yang akan kutepampatkan dalam posisi Ravager? Lightning kah? Hope kah? ataukah susunan Paradigm apakah yang harus kugunakan? kalau melawan Boss Monster? atau melawan musuh biasa?

Yang manakah Paradigm yang paling direkomendasikan? atau yang manakah paradigm yang ku prioritaskan?  
  • Screenshots:
Beginilah tampilan Paradigmsnya, pada gambar diatas merupakan Susuan Paradigm Party Lightning dan Hope yang saya gunakan... untuk mengetahui fungsi dari Comanda, Ravager, Synegist, Magic, Sabotuer Silahkan baca penjelasannya pada bagian "Help" atau baca penjelasan saya yang diatas gambar...

Susunan paradigms party Snow dan Hope default, disinilah salah satu ajang kamu buat menunjukkan strategimu dalam game RPG ini...


Setiap karakter dapat memanggil Eidolon tertentu dalam pertempuran. Makhluk dipanggil termasuk seri staples Odin, Shiva, Alexander, dan Bahamut, dan pendatang baru Hecatoncheir dan Brynhildr. Ketika dipanggil, Eidolon tetap dalam pertempuran, sementara karakter yang menyertai summoner meninggalkan partai. sementara Eidolon yang dipanggil, pemain dapat memicu fitur yang disebut Gestalt mode, di mana Eidolon berubah menjadi bentuk yang berbeda dan melakukan serangan yang berbeda sementara karakter pemanggilan naik mereka.
  • Screenshots:
Boss Monster!! dilihat dari penampakan fisiknya pasti lawannya keras, hpnya banyak, ya benar keras banget... wajar Boss Mosnter, tapi kalau sudah Premptive Strike! nah itu baru enak ditiulah kamu harus menyerang dengan kekuatan penuh, kerahkan semua kekuatanmu! sebelum Premptive Strike-nya habis... 


salah satu yang menandakan bahwa sudah masuk Premptive Strike ialah bar pada pojok kanan atasnya berwarna orange, pada Premptive Strike demage yang kamu berikan akan berlipat ganda...

Maximal bar ATB-nya adalah 6 sedangkan untuk saat ini saya baru 4 untuk chara Lightningnya...

Oh iya, kalau msusuh kamu sudah masuk Premptive Strike maka Lightning akan menerbangkan musuhmu dan menyerang serta membunuhnya diudara termasuk juga Boss Mosnter ataupun sebesar apapun Lawan kamu itu, kayak gambar diatas...


Skill diatas merupakan "Techniques" yang berwarna kuninng, Setiap Skills tersebut memiliki efek khusus misalkan "Quake" maka akan muncul gempa yang menjalar keatas dan dapat memberikan demage untuk semua lawanmu..

Itu Boss Musus yah? bukan itu cuma mosnter numpang lewat tapi lumayan keras, dan demagenya lumayan juga...

Tuh kan, bahkan komodo-pun diterbangkan oleh Lightning...

Bukan hanya Lightning saja yang dapat menerbangkan lawan pada saat Premptive Strike, tapi Snow juga bisa loh! tapi lebih keren Lightning!

Seranghlah lawan terlebih dahulu sebelum ia menyerangmu, kalau demikian serangannya akan gagal, seperti gambar diatas...

2. Crystarium
Ini yang saya bilang darit adi, fitur ini mungkin salah satu yang membauat game ini menjadi game RPG, karena apa, karena Crystarium adalah sistem leveling yang terdiri dari enam kristal dan menyerupai Sphere Grid dari Final Fantasy X. Setiap kristal di Crystarium merupakan salah satu dari enam Paradigma, dan dibagi menjadi sepuluh tingkatan. Setiap tingkat berisi berbagai node yang memasok bonus untuk kesehatan/medic, kekuatan, atau sihir, atau memberikan kemampuan baru dan slot aksesoris. Node ini dihubungkan oleh jalan semi-linear. Pemain dapat maju ke jalan dengan mengakuisisi Poin Crystarium, yang diberikan setelah mengalahkan musuh penuh Crystarium tidak tersedia untuk pemain di awal pertandingan.; pada titik-titik tertentu dalam plot permainan, keuntungan pemain akses ke kristal baru atau tingkat, kamu bisa mendapatkan CP untuk mengupgrade Crsytarium dengan mengalahkan musuh, jadi banyak-banyaklah melawan musuh, oh iya ada satu hal lagi yang berhubungan denga Crystarium ini yaitu misalkan kamu meskipun kamu memainkan karakter lain dalam satu party dan meskipin karakter lainnya tidak bergabung kedalam party kamu maka karakter tersebut tetap mendapat CP Crystarium sesuai dengan banyak yang kamu terima juga itulah mengapa CP dari screenshots dibawah ini lumayan tinggi, contoh misalkan kamu memainkan Lightning dan Snow tidak dalam party kamu maka bila kamu mendapatkan CP Crystarium otomatis Snow juga dapat CP sesuai dengan yang kamu dapatkan juga, cukup adil untuk sebuah game RPG...

Crystarium merupakan salah satu cara meningkatkan statusmu, kamu harus memfoksukan Crystarium yang manakah yang harus ku penuhi/isi terlebih dahulu, sebaiknya isi sesuai paradigm yang kamu gunakan.
  • Screenshots Crystarium Lightning:
CP ane banyak kan? :3 Sejauh yang saya mainkan ada tiga jenis tipe serangan dari Lightning yaitu Comando, Ravager, Medic...
Medic hanya memberikan skills jenis menyembuhkan/heal pada teman party...
  • Screenshots Crystarium Sazh:
Comando ialah jenis serangan yang menyerang dengan senjata fisik dan tidak menggunakan serangan magic atau sejenisnya, Ravager memberikan serangan magic pada lawan yang bervariasi (banyak tipe), Synergist support lawan dengan memberikan skills pendukung seperti peningkat STR, DEF, Cooldown, dsb

C. Synopsis

1. Setting
Final Fantasy XIII berlatang belakang di dunia Gran Pulse (disebut Pulse). Pusat cerita ini Cocoon, bola buatan besar yang mengapung di atas permukaan Pulse dan diperintah oleh Sanctum, pemerintah teokratis. Dua dunia dikendalikan oleh fal'Cie / fælsiː /, makhluk dengan kekuatan dewa. The Cocoon fal'Cie bertanggung jawab untuk menjaga Cocoon mengambang, serta memberikan cahaya dan air untuk orang-orang yang hidup di dalam. Setiap fal'Cie menangani tugas tertentu. The fal'Cie memiliki kemampuan menandai manusia yang hidup di Pulse dan Cocoon sebagai pembantu mereka. l'Cie / LSI /, dicap dengan simbol yang mewakili baik Pulse atau Cocoon dan diberi "Fokus" tugas untuk menyelesaikannya. Jika l'Cie menyelesaikan tugas mereka, mereka ditransformasikan ke kristal dan menurut legenda gain hidup yang kekal; jika mereka menjadi monster yang disebut Cie'th. The l'Cie tidak secara eksplisit mengatakan "Fokus" mereka, tapi malah diberi visi bahwa mereka harus menafsirkannya.

Beberapa ratus tahun sebelum peristiwa permainan dimulai, pertempuran yang dikenal sebagai "Perang Pelanggaran" terjadi antara Pulse dan Cocoon. Selama pertempuran, l'Cie dari Pulse menyerang dan merobek lubang besar di Cocoon. Akhirnya, l'Cie menyelesaikan "foku"s mereka dan berubah menjadi kristal. Lubang itu ditambal dengan bahan diangkat dari Pulse, dan warga Cocoon ini telah sejak hidup dalam ketakutan invasi makhluk lain; ketakutan ini digunakan oleh Sanctum untuk tetap berkuasa Sanctum ini membawahi dua cabang militer. Guardian Corps, yang bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban di Cocoon, dan PSICOM, pasukan khusus yang bertugas menangani ancaman yang terkait dengan Pulse. The fal'Cie telah memberikan manusia teknologi canggih, termasuk airships dan makhluk mekanik terbang, dan bentuk sihir juga ada. Sihir ini biasanya hanya dapat diakses oleh l'Cie, fal'Cie, dan berbagai monster di Cocoon dan Pulse, meskipun bentuk kimia suling dapat digunakan oleh manusia normal.

Saya tidak mau berkomentar banyak soal Jalan cerita game ini karena pasti jalan ceritanya sudah jelas dengan Cut-Scenes dan Moviesnya yag banyak dan asal kamu tahu saja hampir sebagian dari size game ini adalah itu berdua dan kita tidak usah takut ketinggalan informasi karena semuanya terekam di "Datalog".


2. Karakter
Enam karakter dimainkan utama Final Fantasy XIII adalah Lighting, protagonis utama dari permainan, seorang mantan tentara dan kakak perempuannya Serah;  Snow Villiers, tunangan Serah dan pemimpin Nora, sebuah kelompok paramiliter; Oerba Dia Vanille, narator permainan dan pengasingan yang kemudian diturunkan menjadi l'Cie dari Pulse; Sazh Katzroy, seorang pilot sipil dan ayah seorang anak muda, Dajh; Hope Estheim, seorang anak muda yang sedang berjuang demi orang tuanya;. dan Oerba Yun Fang, seorang l'Cie dari Pulse yang bekerja sama dengan cabang Kavaleri Sanctum itu Karakter lain termasuk Galenth Dysley, penguasa Sanctum dan antagonis utama; Cid Raines, seorang Sanctum Brigadir Jenderal di Kavaleri yang tidak mempercayai pemerintah, dan Serah Farron, adik Lightning dan tunangan Snow (tapi sayang si kakak "Lighhtning" nikungin adiknya sendiri nanti ada cuts-scenesnya mereka ciuman antar Snow dan Lightning).
Dalam Final Fantasy 13 ini kamu dapat memainkan 5 karakter yang berbeda-beda di setiap jalan cerita. Dalam satu party terdiri 1 hingga 3 orang jadi setiap jalan cerita memiliki jenis dan susunan party berbeda-beda misalkan di act pertama kamu memainkan Lightning sebagai leader, Snow Viliers, dan Sazh Katzroy sebagai bawahan teman party kamu maka mungkin pada act selanjutnya kamu akan memainkan teman party yang berbeda dan karakter yang berbeda.

Setiap karakter memiliki ciri khas yang membedakan masing-masing dari mereka dan menurut saya si creator berusaha membuat game ini full colour dala hal karakternya lihat saja, ada heroine, afro, coolman, anak laki-laki yang agak imut, manja (ah gw lupa apa istilahnya), dan cewe ceria dan centil.

- Lightning
  • Screenshots:
Profile Information:


 Equipment:


Abilities: 


Datalog Profile :  

- Sazh Katzroy
  • Screenshots:
Abilities: 


Datalog Profile :  


Equipment: 

Snow Villiers
  • Screenshots:
Datalog Profile :  

Abilities:

Equipment:

- Hope Estheim
  • Screenshots:
Abilities:

Datalog Profile:

Profile Information:

Equipment:


- Oerba Dia Vanille
  • Screenshots:
Abilities:


Datalog Profile:

Equipment:


Profile Information:

3. Plot
Final Fantasy XIII dimulai di kota bernama Cocoon kamu berperan sebagai warga kota Bodhum yang diusir, atau "Dibersihkan", dari Cocoon setelah itu berkontak dengan "sesuatu" dari Pulse. Selama pertandingan, pemain akan ditampilkan kilas balik dari peristiwa dari 13 hari sebelumnya, yang dimulai ketika fal'Cie dari Pulse ditemukan dekat Bodhum. Adik Lightning Serah telah ditemukan oleh fal'Cie Pulse dan telah berubah menjadi l'Cie. Lightning dan Sazh menggelincirkan kereta Purge menuju Pulse dalam upaya untuk menyelamatkan Serah. Dalam pertempuran berikutnya, Salju memimpin kelompok perlawanan itu, Nora, untuk menyelamatkan orang-orang buangan Pembersihan. Beberapa dari mereka yang tewas, termasuk ibu Hope. Snow sebagai kepala fal'Cie Anima untuk menyelamatkan Serah, ia bergabung dengan dua dari orang-orang buangan: dengan Hope dan Vanille. Kedua kelompok itu bertemu dengan fal'Cie, dan menemukan Serah sama seperti dia berubah menjadi kristal. Anima membuang mereka ke bagian yang berbeda dari Cocoon. Selama transformasi ini, Semua l'Cie baru memiliki visi yang sama.

Snow bertemu Cid dan Fang setelah ditangkap dan ditahan di atas kapal kapal udara Lindblum. Sementara itu, yang lain melarikan diri dari PSICOM, tetapi terpisah selama serangan udara; Hope dan Lightning menuju ke Palumpolum, sementara Sazh dan Vanille sedang dalam perjalanan ke Nautilus. Dalam skenario Lightning, ia sengaja mendukung tujuan Hope membunuh Salju sebagai balas dendam atas kematian ibunya. Dalam skenario Vanill, Sazh membahas bagaimana anaknya Dajh berubah menjadi l'Cie oleh Cocoon fal'Cie dan diambil oleh PSICOM untuk menemukan Focus-nya. Pada Palumpolum, Lightning mencoba membujuk Hope untuk tidak pergi membalas dendam dan menemui Snow dan Fanf. Fang mengungkapkan bahwa dia dan Vanille adalah l'Cie dari Pulse yang berubah menjadi kristal; mereka berbalik kembali ke manusia 13 hari sebelum dimulainya pertandingan, yag memicu terjadinya Penyingkiran. Hope berupaya untuk membunuh Snow, tapi setelah Snow menyelamatkan dia dari serangan udara, ia memutuskan untuk tidak melakukannya. Party ini kemudian lolos sampai dikota dengan bantuan Cid. Di Nautilus, Vanille mengungkapkan dirinya bahwa Sazh sebagai l'Cie dari Pulse, dan secara tidak langsung alasan bahwa Dajh berubah menjadi l'Cie. PSICOM kemudian menangkap Sazh dan Vanille dan menahan mereka di kapal balon udara Palamecia.

Para anggota lain dari party panggung misi penyelamatan dan bersatu kembali dengan Vanille dan Sazh sebelum mereka menghadapi Galenth Dysley, para Primarch Sanctum itu. Dysley menyatakan dirinya sebagai Cocoon fal'Cie penguasa Barthandelus. Dia mengatakan kepada mereka bahwa Fokus mereka adalah untuk berubah menjadi binatang Ragnarok dan membunuh fal'Cie Orphan, Cocoon yang mengapung di atas Pulse. Membunuh fal'Cie Orphan akan mengakibatkan kehancuran Cocoon. Party ini lolos dan belajar dari Cid bahwa fal'Cie percaya bahwa kehancuran Cocoon akan memanggil Maker, pencipta dunia. Fal'Cie tidak dapat membahayakan Orphan sendiri Vanille dan Fang mengungkapkan kepada pihak itu bahwa mereka terlibat dalam Perang Pelanggaran abad sebelumnya, dan bahwa kemudian "Focus" mereka telah sama:. Berubah menjadi Ragnarok dan berusaha untuk menghancurkan Orphan . Partya ini terbang jauh ke Pulse dan perjalanan ke Oerba, Vanille dan Fang kampung halaman, di mana mereka berharap untuk belajar bagaimana untuk menghapus mereka dari tanda l'Cie. Kota ini sepi, dan mereka tidak menemukan orang yang hidup di permukaan. Kelompok ini berhasil dalam menghilangkan tanda mereka, dan Dysley menghadapi mereka lagi. Dia mengatakan kepada mereka bahwa ia memaksa Cid, sekarang kepala Sanctum, untuk menciptakan kekacauan di Cocoon untuk memaksa Kavaleri untuk menyerang Cid dan Orphan dalam kudeta.

Party infiltrat Cocoon bertujuan mencegah kehancuran. Mereka menuju ke arah Orphan hanya untuk menemukan bahwa Kavaleri telah berubah menjadi Cie'th. Party ini bertemu dengan Dysley dan mengalahkan dia, tapi Orphan terbangun dan menyatu dengan Dysley, kemudian memaksa Fang untuk menyelesaikan "Focus" sebagai Ragnarok sementara yang lain tampaknya berubah menjadi Cie'th. Kelompok ini muncul kembali dalam bentuk manusia, mencegah Fang dari transformasi. Partai terlibat dan mengalahkan Orphan dan melarikan diri Cocoon, yang kini jatuh ke arah Pulse. Sebagai sisa partai berubah menjadi kristal untuk menyelesaikan Fokus mereka, Vanille dan Fang tetap di Cocoon dan berubah menjadi Ragnarok bersama-sama. Mereka mencegah tabrakan antara Cocoon dan Pulse dengan mengubah diri menjadi pilar kristal antara dua dunia. Sisa partai terbangun dari kristalisasi mereka pada Pulse dan menemukan merek l'Cie mereka pergi. Permainan berakhir dengan Lightning, Hope, Snow dan Sazh bersatu kembali dengan Serah dan Dajh.

 C. Others

1. Settings
  • Screenshots:
hm... settingnya sih simpel mudah di mengerti tapi itulah kekurangannya, kita tidak bisa mengatur Videonya (Atur Kualitas video, efek, dsb) , Audionya (Volume, Type Sound, dsb), Controllernya (Game Pad), -_-

2. Cut-Scenes
  • Screenshots:
 Ow... mantap...

 What do we do? Tatakae!! Fight!!



Modus tuh Hope... kebawah dikit lagi Hope!!! 



 Snow Selingkuh!!

Ekspresi ngambek Lightning! 

Selamatkan Tuan Putri!!


Bila ada yang ingin ditambahkan silahkan! Review Info Game Final Fantasy XIII: Petualangan Perjalanan RPG
Baca Cuy!

Comments